Wednesday, 20 June 2018
PENGUMUMAN TERBARU

Kabupaten OKI Dua Kali Sukses Gelar Pilkades Serentak

Pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 55 desa yang ada di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir berjalan dengan sukses. Pilkades serentak tahap ke dua ini secara garis besar berlangsung aman dan lancar. Masyarakat sangat antusias mengikuti Pilkades dari awal pencoblosan hingga rekapitulasi suara. Pemungutan suara pilkades serentak untuk tahap ke II ini dilakukan kemarin Senin, (17/7).

Bupati Ogan Komering Ilir H. Iskandar, SE menanggapi positif suksesnya pesta demokrasi ditingkat desa ini. Dia mengatakan pendidikan demokrasi di OKI telah berjalan baik mulai dari tingkat desa

“Seluruh tahapan Pilkades di 55 desa berjalan dengan lancar dan sukses yang tidak terlepas dari peran aktif pihak Polres OKI dan Kodim 0402 OKI dalam hal pengamanan, dan hasilnya seluruh desa yang menyelenggarakan Pilkades telah memiliki kepala desa terpilih” Ungkapnya usai penandatanganan NPHD ke KPU OKI, Selasa, (18/7/17)

Bupati OKI, H. Iskandar, SE, berharap Pilkades serentak ini menghasilkan pemimpin desa yang berkualitas dan melayani masyarakat.

“Pemerintah desa merupakan ujung tombak pembangunan di OKI oleh karena itu kita berharap PIlkades yang telah dilaksanakan mendorong terciptanya pemerintahan desa yang berkualitas yang dapat memajukan desa” Pesannya.

Sementara itu Kapolres OKI AKBP Ade Hariyanto mengatakan Kegiatan pengaman pilkades ini sudah kita rencanakan jauh-jauh hari, dimulai dari menggalang para kandidat untuk menyatakan komitmen siap menang dan siap kalah, sehingga apapun hasil akhirnya tidak ada kandidat yang kalah lalu melakukan tindakan yang dapat melanggar hukum,

AKBP Ade Hariyanto menambahkan “pada pelaksanaan pilkades sendiri Polres OKI dengan dukungan dari Kodim 0402 OKI dan satuan pengaman dari Pemda Oki bersama-sama melakukan kegiatan pengamanan, sampai ke TPS yang terjauh seperti di Daerah Cengal, Sungai Menang dan sebagainya, sehingga alhamdullillah penyelenggaraan pilkades di Kabupaten OKI berlangsung aman”.

Kepala DPMPD Kabupaten OKI melalaui sekretaris Dinas, Suhaimi, AP. M. Si mengatakan setelah sukses melaksanakan Pilkades serentak tahapan selanjutnya yang harus dilalui, yaitu memberikan masa sanggahan kepada calon atau masyarakat yang keberatan terhadap hasil Pilkades.

“Hingga sekarang belum ada sanggahan. Ada waktu 7 hari ke depan untuk masa sanggahan. Jika tidak ada sanggahan maka BPD akan menetapkan kades terpilih. Kita berharap segala permasalahan Pilkades dapat selesai di tingkat desa melalui koordinasi camat” Ungkap Dia.

Suhaimi juga mengatakan setelah tidak ada sanggahan kepala desa ini akan dilantik oleh Bupati OKI. “Terjadwal 30 hari usai pemilihan maka kepala desa akan dilantik oleh Bupati” Pungkasnya.

 

 

About Author