Tuesday, 22 October 2019
Kunjungan Irwasum Mabes POLRI dalam Rangka Asistensi Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kab. OKI.

Kunjungan Irwasum Mabes POLRI dalam Rangka Asistensi Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kab. OKI. Featured

 

Bertempat di Pendopo Kabupaten OKI, Jum'at (27/09/2019) berlangsung acara Kunjungan Irwasum Mabes POLRI dalam Rangka Asistensi Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kab. OKI.
.
.
Acara ini turut dihadiri oleh Gubernur Sumsel H. Herman Deru, Irwasda POLDA Sumsel Kombes. Pol. Drs. Dodi Marsidy, M.Hum serta PJU POLDA Sumsel, Bupati OKI H.Iskandar,SE. Forkompimda OKI, Sekda OKI H. Husin, S.Pd, MM, Asisten I Drs. Antonius Leonardo, M.Si serta jajaran OPD Pemkab. OKI dan Kepala Manggala Agni Daops OKI Candra Irfansyah, S.Hut.
.
.
Kunjungan ini dalam rangka Pengawasan dan Pemeriksaan khusus Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Wasriksus Satgas Karhutla) juga penanganan kebakaran hutan dan lahan yang telah dilakukan Pemerintah Daerah, TNI, POLRI, BPBD, dan Instansi lainnya.

Irwasum Mabes POLRI Komjen. Pol. Drs. Maechgiyanto, SH,M.Hum menjelaskan bahwa ada 3 langkah untuk mengatasi Karhutla "yang pertama kita mencegah supaya tidak terjadi Karhutla, yang kedua bagaimana kita memadamkan jika terjadi Karhutla dengan segera, dan yang ketiga adalah penegakkan hukum kepada para pelaku pembakar lahan dan hutan" .
.
Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol. Supriadi melaporkan bahwa "di Kab. OKI yang terbaru ada 3 orang pelaku yang tertangkap berinisial SI,SO, dan SY dan berhasil ditemukan barang bukti yang terdiri dari 3 korek api. Dari Agustus sampai September ada 12 tsk dan & 9 laporan yang ditangani sudah 4 berkas perkara yang sudah dikirim ke kejaksaan "mudah-mudahan segera P21, agar kita bisa limpahkan tersangka dan barang bukti" ungkapnya .
.
Kapolres OKI Donni Eka Syaputra,SH, S.IK, MM menyampaikan bahwa "di wilayah Kab. OKI ini wilayahnya hampir seluas wilayah Provinsi Bengkulu dan rawan akan kebakaran hutan dan lahan.
Namun dengan kerja keras dan gotong royong Pemda, Polres, Kodim serta seluruh petugas dan masyarakat hal tersebut dapat ditanggulangi".
.
.
Bupati OKI dalam paparannya mengungkapkan Pemkab OKI terus berusaha secara teknis maupun sosialisasi agar tidak terjadi pembakaran dan kebakaran hutan,kebun, dan hutan

About Author