Friday, 28 February 2020
60 Pasangan Jalani Sidang Isbat Nikah Fasilitasi dari Pemkab OKI

60 Pasangan Jalani Sidang Isbat Nikah Fasilitasi dari Pemkab OKI Featured

Sebanyak 60 Pasangan yang berasal dari Kecamatan Pedamaran jalani Sidang Isbat Nikah Tahun Anggaran 2020 yang berlangsung di Ruang Rapat Bende Seguguk yang difasilitas oleh Pemkab OKI bersama Kementerian Agama dan Pengadilan Agama, Kamis (13/02/2020)

"Tahun ini kita targetkan 300 pasangan untuk difasilitasi Isbat Nikah dan kita bagi 5 gelombang, jadi 60 pasang tiap gelombangnya" ujar Syamsudin, SH.I, Kepala Bagian Kesra Setda OKI selaku Ketua Panitia.
.
.
Bupati OKI melalui Asisten Bidang Administrasi Umum Setda OKI HM Lubis, SKM dalam sambutannya menjelaskan bahwa beberapa pernikahan di Kabupaten OKI belum tercatat ke instansi yang berwenang dengan berbagai alasan, sehingga ini adalah bentuk fasilitasi pemerintah agar masyarakat dapat mencatatkan pernikahannya secara sah.
Dengan tertibnya dokumen administrasi kependudukan tersebut akan memudahkan masyarakat dalam mengakses terhadap beberapa fasilitas seperti pendidikan, kesehatan, sosial, ekonomi, dan fasilitas lainnya.

Acara Sidang Isbat Nikah Terpadu ini melibatkan beberapa instansi agar administrasi dapat berjalan mulus seperti Kemenag, Pengadilan Agama, Disdukcapil, Diskominfo, dan unsur lain.
.
.
Syarkoni dan Mistiani pasangan asal desa Menang Raya Pedamaran mengaku bersyukur dapat mengikuti Sidang Isbat Nikah ini "kami sudah 20 tahunan menikah namun memang belum dicatatkan, saya selaku warga OKI sangat senang, harapan kami anak-anak kami dapat melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Kalau tidak ada buku nikah ini sangat susah kedepannya untuk anak kami" ungkap mereka.
.
.
Turut hadir dalam acara Ketua Kantor Kementrian Agama, Ketua Pengadilan Agama Kayuagung Dra. Sri Wahyuningsih, SH, MH.I, Forkopimda, Kepala OPD, serta Camat Pedamaran.


Media

About Author