Friday, 10 April 2020

Bupati OKI Pimpin Apel Operasi Lilin 2016 Dan Pengukuhan Satgas Pungli OKI

Bupati Ogan Komering Ilir H Iskandar SE pimpin apel gelar pasukan operasi lilin 2016 dihalaman Pemda Kabupaten Ogan Komering Ilir, kamis (22/12/16) yang dihadiri oleh seluruh, FKPD, SKPD Lingkup pemkab OKI, dan Personil Gabungan. Pada apel itu Bupati OKI H Iskandar SE juga menyampaikan amanat Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Sekaligus mengukuhkan Satgas Cyber Pungli Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Bupati OKI H Iskandar SE dalam sambutannya mengatakan “Satgas Cyber Pungli Kabupaten OKI, cyber pungli merupakan bagian dari paket kebijakan hukum perdana, pertama presiden Joko Widodo, penanganan pungutan liar sudah menjadi salah satu prioritas, karena banyaknya keluhan tentang pungli yang diterima presiden, menurut presiden jika pungli tidak di tanggani maka pengusaha dan investor akan semakin malas berinvestasi di Indonesia, adapun cara kerjanya dengan menekan 4 fungsi, yakni fungsi inteljen, pencegahan, penindakan. Fungsi itu bisa berwujud membangun system pencegahan, pengeumpulan data dan informasi dari kementrian lembaga teknologi, mengkoordinasikan melakukan operasi tangkap tangan, memberikan rekomendasi kepada pelaku pungli sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan serta memberikan rekomendasi pembentukan berdasarkan tugas, tugas cyber pungli setiap istansi, dengan pelayanan publik, para pimpinan kementrian lembaga dan kepala daerah.”

Iskandar melanjutkan “Terkait dengan hal tersebut, pemerintah kabupaten ogan komering ilir sangat menyambut baik serta menyampaikan apresiasi yang tinggi atas terbentuknya satuan tugas sapu bersih punggutan liar kabupaten ogan komering ilir pada hari ini. Satuan tugas ini memiliki satuan yang sangat penting dan strategis, karena praktek punggutan liar telah merusak kehidupan bangsa dan bernegara. Sikap perlu upaya pemberantasan secara tegas, terpadu, efektiv dan efisien dan diharapkan akan menimbukan efek jera bagi para pelaku. Satgas-satgas pungli dari lembaga-lembaga terkait kabupaten OKI diharapkan dapat bekerja secara efektiv sekaligus dapat mensosialisasikan fungsi satgas satuan pungli kepada masyarakat, serta mempersiapkan infrastruktur penunjang lainnya, seperti jaringan telepon dan aplikasi untuk pelaporan dengan baik dan lancar.”