Saturday, 15 December 2018
Dinkes OKI Targetkan 95% Anak Bebas Penyakit Campak & Rubella

Dinkes OKI Targetkan 95% Anak Bebas Penyakit Campak & Rubella

Pembangunan Kesehatan menempati prioritas yang tinggi, sehingga menjadi agenda utama kita, baik pada tingkat pusat maupun pada tingkat daerah. Dalam rencana pembangunan jangka panjang (2005-2024) ditetapkan bahwa pembangunan kesehatan menuju ke arah pengembangan upaya kesehatan, dari upaya kesehatan yang bersifat kuratif bergerak ke arah upaya kesehatan preventif dan promotif, sesuai kebutuhan dan tantangan kesehatan.

Hak anak untuk hidup sehat, salah satunya akan terpenuhi dengan mendapatkan imunisasi dasar yang lengkap sejak anak tersebut lahir sampai dengan usia sebelum satu tahun. Memberikan imunisasi dasar lengkap yang berkualitas pada anak-anak di Kabupaten OKI berarti kita mempersiapkan generasi sehat dan cerdas, yang akan menunjang capaian Index Pembangunan Kesehatan Masyarakat OKI yang tinggi, dimana salah satu indikatornya adalah cakupan imunisasi dasar lengkap.

Pemerintah saat ini menyelenggarakan program imunisasi sebagai upaya preventif/ pencegahan terhadap penyakit menular tertentu. Prinsip terselenggaranya program imunisasi yang berkualitas adalah keterpaduan lintas sektor, bahkan seluruh komponen masyarakat. Kabupaten Ogan Komering Ilir pada tahun 2018, akan melaksanakan event akbar yaitu Kampanye Pemberian Imunisasi Measless Rubella (MR) pada bulan Agustus dan September secara serentak di 18 Kecamatan se Kab.OKI. Kegiatan ini juga dilaksanakan serentak di 17 Kabupaten/Kota se Provinsi Sumatera Selatan dan 28 Provinsi se-Indonesia, sedangkan 6 Provinsi di Pulau Jawa telah sukses melaksanakannya tahun 2017.

Pada Hari 25 Juli 2018 Dinas Kesehatan Kabupaten OKI mengadakan acara Advokasi, Sosialisasi dan Koordinasi Lintas Sektor Dalam Rangka Kampanye Imunisasi MR di Ruang Bende Seguguk 1. Acara dibuka oleh Bupati OKI yang diwakili H. Antonius Leonardo Asisten Pemerintahan dan Kesra dan dihadiri , Kepala Dinas Kesehatan OKI H. M. Lubis SKM M.Kes, Narasumber Zenab Fitria SKM M.Kes, Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, dan Unsur Muspida yang ada di Kabupaten OKI.

Adapun tujuan dari diadakan acara Advokasi, Sosialisasi dan Koordinasi Lintas Sektor Dalam Rangka Kampanye Imunisasi MR adalah :

Mensosialisasikan kepada seluruh lintas sektor terkait dan menggalang komitmen, dukungan yang kongkrit, serta partisipasi aktif dari pimpinan daerah, pimpinan DPRD dan para pembuat keputusan dari seluruh lintas sektor.

Peserta mengetahui tentang penyakit Campak dan Rubella

Peserta mengetahui tujuan dilaksanakannya Kampanye Imunisasi MR

Peserta mengetahui waktu dan tempat pelaksanaan Kampanye MR.

 

Sumber: http://kayuagungradio.com/dinkes-oki-targetkan-95-anak-bebas-penyakit-campak-rubella/

About Author