Wednesday, 11 December 2019
Kabupaten Ogan Komering Ilir Menyelenggarakan Bursa Inovasi Desa.

Kabupaten Ogan Komering Ilir Menyelenggarakan Bursa Inovasi Desa. Featured

Kabupaten Ogan Komering Ilir menyelenggarakan Bursa Inovasi Desa di 18 Kecamatan mulai dari tanggal 29 Juli - 07 Agustus 2019 yang bertempat di Kantor Kecamatan.

Pada Bursa Inovasi Desa yang diselenggarakan di kantor Camat Kota Kayu Agung acara dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kab. OKI, Tim Inovasi Kabupaten OKI, Camat Kota Kayu Agung, Tenaga Ahli Desa Kabupaten OKI, Kepala Desa Se Kecamatan Kota Kayuagung, Ketua BPD kabupaten OKI dan Ketua Agama, Tokoh Pemuda didesa sekecamatan Kota Kayu Agung.

Dalam sambutannya Camat Kota Kayu Agung menyampaikan Program Inovasi Desa ini sangat membantu desa-desa dalam meningkatkan dan memanfaatkan efektifitas pengolahan dana Desa yang tentunya bermanfaat untuk kemajuan dan kesejahteraan desa seperti program BUMDesMart (Badan Usaha Milik Desa) yaitu pengelolaan usaha minimarket yang dimiliki dan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa.

Dalam acara Bursa Inovasi Desa para Kepala Desa memilih inovasi apa yang akan diterapkan di desanya melalui menu-menu yang merupakan Best Practices dari desa-desa yang sudah berhasil menerapkan inovasi desa, ditampilkan juga produk-produk asli desa melalui pemberdayaan masyarakat.


Untuk diketahui bahwa Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Desa memiliki dua kewenangan khusus, yaitu kewenangan berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal skala Desa. Untuk mendukung desa dalam pelaksanaan kedua kewenangan tersebut, Pemerintah telah mengucurkan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) sejak tahun 2015. Dengan adanya kuncuran dana ke desa-desa, diharapkan desa berkemampuan untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakatnya secara efektif, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa.

Berikut jadwal Bursa Inovasi Desa di Kabupaten Ogan Komering Ilir:
- Teluk Gelam, Tanjung Lubuk, Kota Kayuagung (Senin, 29 Juli 2019)
-Lempuing Jaya, Mesuji Makmur, Mesuji Raya (Selasa, 30 Juli 2019)
-Pampangan, Pangkal Lampam, Cengal, Sungai Menang, Tulung Selapan (Rabu, 31 Juli 2019)
-Air Sugihan, Pedamaran Timur, Sirah Pulailu Padang (01 Agustus 2019)
-Jejawi (05 Agustus 2019)
-Mesuji, Lempuing (06 Agustus 2019)
-Pedamaran (07 Agustus 2019)

About Author