Wednesday, 11 December 2019
OKI Siap Cegah dan Kendalikan Kebakaran Hutan, Perkebunan dan Lahan (Karhutbunlah).

OKI Siap Cegah dan Kendalikan Kebakaran Hutan, Perkebunan dan Lahan (Karhutbunlah).

Memasuki musim kemarau dan cuaca panas Pemkab OKI gelar Apel Siaga Gerakan Pencegahan dan Pengendalian Kebakaran Hutan, Perkebunan, dan Lahan di Lapangan Kebun Hikmah 1 PT Sampoerna Agro Desa Sumber Hidup Kecamatan Pedamaran Timur, Kamis (1/8/2019).


Hadir dalam apel Kapolres OKI, Dandim 0402, Kepala Dinas Perkebunan Prov. Sumsel, Kepala BPBD Prov. Sumsel, dan perwakilan OPD terkait. Apel diikuti oleh perusahaan perkebunan di wilayah OKI seperti PT. Sampoerna Agro, PT PSM, PT. Waymusi Agro, PT. Tempirai, Satgas Karhutlah, Kelompok Tani Peduli Api (KTPA), Brigade Kebun, Masyarakat Peduli Api (MPA) serta unsur TNI-Polri, dan komponen masyarakat.


Dalam apel ditampilkan berbagai alat-alat pencegahan dan penanggulaangan karhutbunlah seperti pompa,drone,kendaraan, dan lain-lain. Disamping itu diperagakan juga simulasi pencegahan dan pemadaman kebakaran.


Bupati OKI H. Iskandar, SE selaku pembina apel mengatakan apel digelar sebagai bentuk kesiapan dalam pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan, berbagai usaha telah dilakukan Pemkab sebagai langkah pencegahan dan pengendalian karhutbunlah antara lain penyediaan sarana-prasarana, pembentukan satgas, SDM, dan sosialisasi. Penanganan karhutbunlah juga tidak dapat dilakukan secara parsial, diperlukan komunikasi yang baik, dan pemberdayaan berbagai pihak dari unsur terkecil sampai nasional dengan berbagai sistem seperti brigade dan cluster. Bupati juga berpesan agar lahan jangan dipandang secara kepentingan ekonomi saja, tapi harus dipandang sebagai media kehidupan bagi berbagai rantai ekosistem makhluk hidup.
.
.
GM Sampoerna Agro Eldi Nuzan dalam sambutannya menyampaikan semua pihak harus memiliki cara pandang yang preventif terhadap karhutbunlah, PT Sampoerna Agro telah membina KTPA sejak 2015, bahkan KTPA binaan Dabuk Makmur mendapatkan penghargaan Gubernur sebagai KTPA terbaik 2019, dan KTPA Kayu Labu juga mendapatkan penghargaan dari Badan Restorasi Nasional Gambut, ini membuktikan KTPA/ brigade sudah memiliki dedikasi dan kemampuan yang baik.

About Author