Thursday, 20 June 2019
kaboki

kaboki

Wakil Bupati HM. Djafar Shodiq bersama Kepala Kantor Kementrian Kabupaten OKI Drs. H. Ahmad Syukri MM., Kabag Kesra Setda Kab. OKI H. Reswandi, SP beserta perwakilan OPD membuka acara Manasik Haji Terpadu Bagi Jama'ah Calon Haji Kabupaten OKI Tahun 1440 H/ 2019M
Kamis (20/06/2019)
.
.
Pembukaan acara Manasik Haji dilantunkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an dan di lanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Ogan Komering Ilir Drs. H. Ahmad Syukri M. M dan diikuti 699 calon jama'ah haji yaitu dengan 327 orang laki-laki dan 372 orang perempuan

Dalam kesempatan tersebut Bapak Wakil Bupati H. M. Djafar Shodiq menyampaikan "Pemerintah Kabupaten OKI selalu berusaha dan berusaha untuk memajukan kegiatan keagamaan yang senantiasa berkomitmen dalam memberikan pelayanan dan perlindungan sebaik-baiknya bagi jama'ah haji sehingga dapat menunaikan ibadah haji sesuai dengan ketentuan ajaran agama Islam"

Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi calon jama'ah haji untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang sesuai syarat islam serta proses perjalanan haji sehingga diharapkan calon jama'ah dapat lancar dan khusyuk dalam menjalankan ibadah haji selama di tanah suci serta memperoleh haji yang mabrur


Acara diakhiri dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Kepala KUA Kecamatan Kayu Agung Bapak H. Hulil S.Ag. M. Si.

Ayo Meriahkan, Berikan Dukungan, Serta Saksikan Beramai-ramai GUBERNUR SUMSEL CUP U20 2019, merupakan ajang bagi bibit-bibit muda sepak bola untuk mengasah bintang sepakbola nasional.

.

.

Diselenggarakan tanggal 28 juni - 8 juli 2019 bertempat di Lapangan Segitiga Emas Kayuagung.

.

.

Kick Off perdana akan langsung dihadiri Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru.

Dibawah kepemimpinan Bupati H. Iskandar, SE Pemerintah Kabupaten OKI Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang merupakan opini tertinggi dalam hal pemeriksaan pengelolaan keuangan.
Hal ini terungkap pada acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan Atas Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2018 Kepada Pemerintah Kabupaten/ Kota di Gedung BPK RI Perwakilan Palembang, Selasa (28/5/2019).
.
.
Bupati OKI H. Iskandar, SE menghadiri acara bersama Ketua DPRD OKI HM Yusuf Mekki, S.Sos, Sekretaris Daerah H. Husin, S.Pd, MM dan beberapa unsur OPD seperti BPKAD, BPPD, Inspektorat, dan Diskominfo.
Turut hadir Kepala Daerah beserta Ketua DPRD dari Kota Palembang, Kabupaten PALI, dan Kabupaten Empat Lawang.
.
.
Kepala Perwakilan BPK RI Teguh Prasetyo dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kabupaten/ Kota atas kerjasama dan kerja keras dalam penyusunan Laporan Keuangan.
Ia menjelaskan opini merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran pengelolaan keuangan, namun bukan jaminan bahwa tidak ada fraud.
.
.
Teguh berharap hasil laporan BPK dapat dijadikan dasar pengambilan keputusan dalam pembangunan, apalagi Pemda dengan Opini WTP berarti memiliki kualitas informasi yang cukup handal. Opini yang diberikan merupakan hasil pemeriksaan dan rencana aksi yang diberikan BPK RI.
.
.
Beberapa masalah yang jadi perhatian BPK RI antara lain masalah Pengelolaan Aset, Piutang Pajak Daerah khususnya PBB P2, serta Pengelolaan Perjalanan Dinas DPRD harus menjadi perhatian serius bagi Pemda dan memerlukan verifikasi dan validasi yang cermat karena merupakan instrumen penting dalam penilaian opini.

Masih dalam rangkaian acara Apel Gelar Pasukan OPS Musi 2019, dilanjutkan dengan acara Pemusnahan Barang Bukti Hasil Cipta Kondisi Jajaran Polres OKI.
Dihadiri juga oleh Wakil Bupati OKI HM Djakfar Shodiq, barang bukti yang dimusnahkan antara lain:

  • Minuman Keras Sebanyak 1482 Botol
  • Minuman Jenis Tuak sebanyak 7 Jerigen
  • Petasan sebanyak 1200 buah
  • Tahu berformalin sebanyak 2250 buah


Barang-barang tersebut merupakan Hasil Razia Cipta Kondisi Jajaran Polres OKI selama Bulan Ramadhan 1440H.

 

Apel Gelar Pasukan OPS Musi 2019 digelar di Halaman Kantor Bupati Ogan Komering Ilir pada Selasa (28/5/2019). Apel diikuti oleh unsur dari Polri, TNI, Pemerintah Daerah, dan Pers.

Hadir sebagai Pimpinan Apel Kapolres OKI AKPB Donny Eka Syahputra, dalam sambutan Kapolri yang disampaikannya, Kapolres menyatakan apel digelar dengan tujuan antara lain;

  1. Mengecek Personil, Peralatan, dan Sinergitas antar instansi;
  2. Menunjukkan kesiapan kepada publik agar menciptakan kenyamanan dan ketenangan

OPS Musi 2019 sendiri akan dilaksanakan selama 13 hari mulai dari 29 Mei 2019 sampai dengan 10 Juni 2019, beberapa objek vital yang diamankan antara lain Terminal, Stasiun, Bandara, Pusat Perbelanjaan, Tempat Ibadah, dll

Kapolri juga menyampaikan amanat untuk personil diantaranya:

  • Persiapkan secara optimal kondisi pengamanan
  • Pertahankan kesiapan pengamanan
  • Jaga dan Pelihara Soliditas
  • Laksanakan penegakan secara profesional.

Dalam apel juga dilaksanakan Penyematan Pita Tanda Operasi Secara Simbolis oleh Pimpinan Apel.

BERIKUT DISAMPAIKAN PENGUMUMAN PESERTA YANG DINYATAKAN LULUS SELEKSI
PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA
DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR
TAHUN ANGGARAN 2019 SESUAI SURAT KEPUTUSAN BUPATI NOMOR 800/419/BKD-II/2019

Selengkapnya dapat mengunduh tautan dengan ekstensi *.pdf berikut:

1. Pengumuman No. 800/419/BKD-II/2019

Pengumuman

2. Contoh Surat Lamaran

Contoh Surat Lamaran

3. Daftar Riwayat Hidup

Daftar Riwayat Hidup

4. Surat Pernyataan

Surat Pernyataan

 

Berikut disampaikan hasil Verifikasi Administrasi bagi Mitra Media Massa yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabuapaten Ogan Komering Ilir.

Berkas berekstensi *.xlsx (spreadsheet) dapat diunduh pada tautan dibawah ini

Verifikasi Administrasi

Visi dan arah kebijakan pembangunan Ogan Komering Ilir lima tahun kedepan mengedepankan pembangunan inklusif yang mempertimbangkan aspek ekologis atau infrastruktur hijau (Green Growth Development).

“Misi ke lima kami adalah Mewujudkan Penataan Ruang Yang Ramah Lingkungan. Dengan mengintegrasikan program-program pembangunan daerah dalam struktur ruang dan pola ruang, sehingga terkendalinya daya tampung dan daya dukung terhadap lingkungan hidup” Ungkap Bupati OKI, Iskandar, SE saat memaparkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Ogan Komering Ilir masa Jabatan 2019-2024 di ruang rapat paripurna DPRD OKI, Kamis, (17/1/18).

Misi ke lima pasangan Iskandar-Shodiq terkait penerapan skema investasi hijau sebagai dasar kebijakan dalam mendukung pusat pertumbuhan ekonomi baru, termasuk pengembangannya tidak tumpang tindih kepemilikan lahan masyarakat.

“Dalam penetapan kawasan pertumbuhan ekonomi baru melalui pengkajian yang komprehensif dengan mempertimbangkan bentang alam, daya dukung dan daya tampung sumber daya alam serta wilayah yang dilindungi oleh masyarakat.”

Iskandar meyakini kekayaan sumber daya alam adalah sebuah berkah namun jika tidak dikelola dengan baik justru sebaliknya jadi malapetaka. Misi Bupati dan Wakil Bupati OKI ini, juga ingin mengembangkan sumber daya alam dengan komoditi unggulan.

Iskandar juga memastikan dalam penyusunan RPJMD 2019-2024 dalam rangka mewujudkan visi misi bupati, wakil bupati didesain ke pembangunan yang berwawasan lingkungan.

“Ini tidak berarti tidak ada aktivitas pembangunan, tetapi tetap mempertimbangkan daya dukung, daya tampung, dan paling penting adalah melibatkan partisipasi masyarakat,” katanya.

Program prioritas selanjutnya dan menjadi dasar utama bagi masyrakat OKI ke depan, yaitu upaya kesiasiagaan pemerintah dan masyarakat (mitigasi) terhadap bencana alam. Mengingat wilayah OKI yang rentan terhadap ancaman bencana alam kebakaran hutan, lahan dan kebun serta bencana banjir dan kekeringan.

 

Sumber: http://kayuagungradio.com/membangun-oki-berbasis-ekologi-dan-infrastruktur-hijau/

Ogan Komering Ilir berpeluang menjadi pusat perekonomian baru di sumatera, mengingat Wilayah ini berada pada perlintasan Tol Trans Sumatera Lampung-Kayuagung sepanjang 112 km dan Kayuagung-Palembang sepanjang 33 km.

Pembangunan infrastruktur tol Trans Sumatera akan berdampak besar pada peningkatan perekonomian wilayah yang dilalui tol tersebut ungkap Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumaji pada lawatannnya ke Kabupaten di Gedung

Kesenian Kayuagung, Sabtu, (22/12).

“Tol ini akan bisa memacu dan memicu percepatan potensi ekonomi. Ini harus bisa dimanfaatkan semuanya oleh pemerintah kabupaten yang dilalui,” Ujarnya

Budi Karya mengatakan pembangunan jalan tol Trans Sumatera tidak hanya menghubungkan satu wilayah dengan wilayah lainnya, namun juga menautkan titik-titik perekonomian baru yang akan bermunculan setelahnya.
“Dengan adanya jalan tol Trans Sumatera ini diharapkan keadilan sosial dan pemerataan akan semakin nyata di seluruh wilayah karena distribusi barang dan jasa juga semakin lancar,” katanya.

Gubernur Sumsel, Herman Deru juga meyakini jalan tol Trans Sumatera akan membawa dampak positif bagi perekonomian Kabupaten OKI.

Selain bisa memangkas biaya logistik, jalan tol Trans Sumatera akan membuka lapangan kerja serta menggerakkan kegiatan ekonomi di daerah yang dilalui.

“Dengan adanya jalan tol, lokasi-lokasi dekat pintu keluar masuk jalan tol pun tentu akan berkembang cepat sebagai kawasan bisnis, baik industri perdagangan, serta pusat ekonomi rakyat, apalagi yang melalui kabupaten OKI ini

terpanjang” kata Deru.

Menangkap peluang dari jalan tol Trans Sumatera yang direncanakan beroperasi pada April 2019 mendatang, Bupati Ogan Komering Ilir, H. Iskandar, SE akan mendorong lahirnya kewirausahaan sosial yang mengedepankan aspek alam
 
dan sosial guna menunjukkan kekayaan kerajinan, kuliner, kesenian maupun alamnya.
 
“Tol ini akan memberi multiplayer efek untuk masyarakat sekitar melalui rest-rest area potensi ekonomi masyarakat akan terbantu” ungkap Iskandar.
 
Iskandar mengusulkan tempat istirahat di beberapa titik jalur tol Sumatera yang melalui Kabupaten OKI dijadikan tempat jualan produk-produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
 
“Kalau para pedagang diizinkan berjualan di ‘rest area’ jalan tol dengan harga sewa yang tidak terlalu mahal, diharapkan akan menaikkan omzet masing-masing,” katanya.
 
Melalui menteri perhubungan Iskandar juga meminta agar tol juga terkoneksi ke jalan penghubung Kabupaten OKI ke Kabupaten OKU Timur.
 
“Kepada pak menteri saya dititipi rakyat agar dibuatkan pintu tol di jalan provinsi perbatasan OKI-OKU Timur tepatnya di Kecamatan Mesuji. Ini akan sangat membantu masyarakat disana” Ungkapnya.
 
 
Sumber: http://kayuagungradio.com/dilintasi-tol-oki-berpeluang-jadi-pusat-ekonomi-baru/
Page 1 of 32