Monday, 19 November 2018
kaboki

kaboki

BERIKUT DISAMPAIKAN PENGUMUMAN TERKAIT PELAKSANAAN SELEKSI KOMPETENSI DASAR (SKD) PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL PEMERINTAH KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR TAHUN 2018

File Berekstensi pdf dapat diunduh pada tautan dibawah ini:

1. Surat Keputusan

Surat Keputusan

2. Lampiran Pelaksanaan

Lampiran Pelaksanaan

3. Jadwal Pelaksanaan

Jadwal Pelaksanaan

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Palembang menyerahkan piagam penghargaan pemerintah RI kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI atas opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) laporan keuangan tahun 2017.

Penghargaan ini sudah diberikan langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani saat Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2018 beberapa waktu lalu.

Penyerahan piagam di berikan oleh kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Palembang  diwakili Ketua tim Mirazwan kepada Sekretaris Daerah OKI, H. Husin, S. Pd, MM di ruang sekda OKI, Rabu, (31/10).

Menurut Sekda Husin capaian WTP yang diraih pemda OKI 7 kali berturut-turut bukanlah tujuan akhir. Yang terpenting anggaran yang digunakan tersebut bermanfaat untuk masyarakat.

“WTP itu penilaian. Bukan berarti akhir dari proses transparansi dan tata kelola keuangan yang baik. Tujuan utama dan terpenting adalah dampak pembangunan yang dirasakan langsung masyarakat” tungkasnya.

Sekda juga mengingatkan ASN untuk senantiasa memperbaharui pengetahuan tentang peraturan tetang tata kelola keuangan daerah.

“Aturan terus berubah. Kita juga harus cepat adaptasi menyesuaikan dengan ketentuan terbaru agar tidak ada kesalahan dalam tata kelola keuangan” ungkap dia.

Husin juga berharap kepada KPPN Palembang untuk mau berbagi informasi terkait pengelolaan anggaran khususnya anggaran yang dikucurkan melalui KPPN Palembang baik Dana Alokasi Khusus (DAK), Tugas Pembantuan (TP) maupun Dana Desa (DD).

Kepala KPPN Palembang melalui Mizarwan mengucapkan selamat atas raihan Opini WTP ketujuh kali. Menurut Mirazwan dengan diraihnya WTP daerah memang tidak menjamin adanya penyimpangan namun daerah yang mendapatkan WTP menurut dia berarti keuangan daerah itu sudah baik dan pertanggungjawabannya sudah sesuai dengan peraturan yang ada.

“Kita ucapkan selamat kepada OKI karena telah meraih WTP yang ke-tujuh kali ini. Lalu penyerapan anggaran pusat yang disalurkan melalui KPPN seperti dana desa harus terealisasi dengan baik,” ujarnya.

Selain itu dirinya menyampaikan, pihaknya siap melakukan koordinasi supaya pemerintah daerah untuk mendapatkan WTP.

“Kita selalu siap untuk mendampingi pemerintah daerah untuk berkoordinasi dalam pengelolaan administrasi keuangan agar mendapat WTP lagi.  dan memperoleh hasil baik,” harapnya.

 

sumber: http://kayuagungradio.com/kppn-palembang-serahkan-piagam-wtp-ke-pemkab-oki/

 

 

Melalui metode perhitungan terbaru Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat terjadi penurunan luas baku lahan pertanian di Indonesia termasuk di Ogan Komering Ilir.

Mengacu pada metode tersebut, luas lahan pertanian di Ogan Komering Ilir, Sumsel berkurang menjadi 53, 835 Ha saja  atau terjadi alih fungsi lahan pertanian seluas 58.641 ha atau mencapai 52,14 persen dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

Terkait hal tersebut, selaku daerah cadangan beras nasional Bupati Ogan Komering Ilir, H. Iskandar, SE turut angkat bicara.

Menurut ketua APKASI Regional Sumatera ini terkait dirilisnya data tersebut pihaknya akan semakin fokus untuk dalam upaya peningkatan produksi padi di Ogan Komering Ilir.

“Kita mendukung metode terbaru yang diluncurkan oleh BPS selaku satu-satunya lembaga yang diakui undang-undang sebagai referensi acuan data nasional. Hasil tersebut kita jadikan pemicu untuk lebih giat lagi dalam memperluas dan meningkatkan produksi beras” ungkap Bupati OKI, H. Iskandar, SE, Selasa, (30/10).

Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten OKI, Syarifudin, SP, M. Si mengungkapkan mengacu perhitungan BPS pada tahun 2013 luas lahan pertanian di Ogan Komering Ilir (OKI) mencapai 112.476 ha lalu berdasarkan penghitungan terbaru melalui metode KSA tersisa 53,835 ha.

Dicontohkan Syarifudin berdasarkan penghitungan terbaru tersebut di Kecamatan Lempuing Jaya luas lahan pertanian hanya menyisakan 3 ha saja sementara dilapagan mencapai 11,412 Ha bahkan menurut dia terjadi pengembalian lahan sawah dari tanaman karet di Kecamatan tersebut mencapai 101,2 ha yang akan mulai tanam periode Oktober-Maret (Okmar).

“Artinya ada perbedan angka signifikan yang mungkin karena perebedaan metode ukur dari metode lama (eye estimate) ke metode baru kerangka sampel area (KSA). Dilapangan kita fokus meningkatkan produksi dan kesejahteraan petani saja” tungkasnya. Sembari menambahkan bahwa harga pangan di pasaran termasuk beras relatif stabil. Tidak ada gejolak.

 

Sumber:http://kayuagungradio.com/data-lahan-pertanian-menurun-bupati-oki-kita-fokus-capai-swasembada-pangan/

Kabupaten Ogan Komering Ilir  masuk nominasi daerah penerima penghargaan Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat 2018. Penghargaan ini didedikasikan kepada pemerintah daerah yang mendukung program prioritas nasional jalan tol.

Ir. Syarkawi, M. Si staf ahli Menteri PU PR sekaligus ketua tim ferivikasi penilaian mengungkapkan penghargaan ini diberikan kepada daerah yang memberikan dukungan penuh terhadap proyek strategis nasional melalui mekanisme Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU).

“Sejauh ini dukungan yang diberikan Pemkab OKI terhadap pelaksanaan program strategis nasional sangat optimal. Makanya kami datang kesini untuk melakukan penilaian dan verifikasi langsung ke lapangan” Ungkap Syarkowi.

Syarkawi mengungkapkan penilaian yang dilakukan timnya konsen pada upaya Pemerintah daerah dalam mendorong percepatan progres proyek strategis nasional seperti fasilitasi pembebasan lahan, konsultasi publik, pengadaan tanah, hingga penyelesaian sengketa.

“Kami konsen kepada penilaian kinerja pemda terhadap keberlangsungan proyek strategis nasional adakah hambatan-hambatan dan sejauh mana peran pemdanya” tungkasnya.

Kabupaten Ogan Komering Ilir dilalui dua ruas tol yang merupakan program strategis nasional antara lain Tol Kayuagung Pematang Panggang sepanjang 77 km dan Tol Kayugung-Palembang Betung sepanjang 34,80 km.

Sekretaris Daerah Kabupaten OKI, H. Husin, S. Pd, MM mengungkapkan Pemkab OKI sangat mendukung program nasional yang melintasi kabupaten OKI diantaranya melalui fasilitasi dan dukungan kebijakan.

“Setelah mendapat pelimpahan wewenang dari Gubernur kami bentuk panitia lokal yang membantu percepatan proyek nasional baik dari segi persiapan hingga pembebasan lahan tentunya dengan mekanisme dan aturan yang berlaku” Ungkap Husin.

Kepala Dinas Pertanahan Kabupaten OKI, Pratama Suryadi, SP mengungkapkan perolehan lahan untuk kebutuhan jalan tol sampai dengan Oktober 2018 untuk Trase Tol Pematang Panggang- Kayuagung trase I sudah 100 persen, trase II diangka 99 persen dan Kayuagung-Jakabaring sebanyak 99 persen.

“Sejauh ini kita sudah bantu pembebasan lahan untuk kebutuhan jalan tol diangka 100 persen. Tinggal beberapa meter lagi yang sedang berproses yaitu pada trase II tol Pematang Panggang-Kayuagung dan Tol Kayuagung-Jakabaring” Ungkap Pratama.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Tata Ruang Kabupaten OKI, Ir. Hafidz, MM mengungkapkan selain dukungan terhadap pelaksanaan proyek tol Pemkab OKI juga meminta kepada pihak kementerian PU PR dan pelaksana jalan tol untuk memperhatikan dampak pembangunan jalan tol seperti kerusakan jalan kabupaten, pembuatan over pass maupun underpass serta saluran irigasi untuk pertanian.

“Harus juga dipikirkan setelah proyek ini selesai terkait dampak pembangunan. Baik itu jalan-jalan yang dilalui alat berat, alur lalu Lalang warga sekitar jalan tol serta dampak tol terhadap pertanian. Ini kita tuangkan dalam kesepakatan kerjasama” ungkap Hafidz.

 

Sumber: http://kayuagungradio.com/dukung-program-strategis-nasional-oki-masuk-nominasi-penghargaan-pu-pr/

Berikut disampaikan Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kabupaten Ogan Komering Ilir Tahun Anggaran 2018.

File dengan ekstensi pdf dapat diunduh pada tautan dibawah ini.

1. Surat Pengumuman Panitia Seleksi CPNS.

Surat Pengumuman

2. Daftar Nama Peserta Yang Lulus Seleksi Administrasi.

Daftar Nama Peserta Lulus Administrasi

3. Daftar Nama Peserta Yang Tidak Lulus Seleksi Administrasi.

Daftar Nama Peserta Yang Tidak Lulus Administrasi

Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), H Iskandar SE mengingatkan agar para Kepala Desa (Kades) di daerah ini ingkungan lebih berhati-hati dalam mengelola anggaran.

“Jadi kades jangan lantas merasa jadi raja. Lakukan musyawarah, pendekatan dengan masyarakat setiap perencanaan pembangunan, serta anggaran,” kata Iskandar pada acara Peresmian Desa Persiapan sekaligus Pelantikan 22 Kades Persiapan dan lima Pejabat Kades di Pendopoan Kabupaten OKI, Selasa (16/10).

Lanjutnya, ketika terpilih menjadi Kades jangan lantas merasa jumawa. Dalam bertugas para kades tidak menjauhi hukum sehingga dapat lebih baik dalam menjalankan tugas.

“Jangan jauhi hukum, kalau dijauhi akan terasing. Kalau terasing, nanti kita yang diasingkan. Apalagi dalam penggunaan keuangan desa,” tegasnya.

Ketika kades tidak mengerti penggunaan anggaran, jelas Iskandar, lakukan musyawarah dengan para perangkat. Jika masih tidak mengerti, lakukan koordinasi dengan camat, dengan kepala dinas.

Selain itu, Iskandar juga berpesan agar para Kades dapat berbagi ataupun memberikan tugas-tugas sesuai tupoksi masing-masing jabatan.

“Jadi bukan semua tugas harus Kades. Sekarang (bupati), juga tidak semuanya jadi tugas bupati karena ada delegasi yang di bawah. Kades juga harus mampu mendelegasikan agar tugas lebih ringan,” tukasnya.

 

Sumber: http://kayuagungradio.com/iskandar-se-ingatkan-kades-terkait-pengelolaan-anggaran/

Thursday, 11 October 2018 00:36

HUT OKI Jadi Energi Tuntaskan Pembangunan

Kabupaten Ogan Komering Ilir genap berusia 73 tahun. Bupati Ogan Komering Ilir, H. Iskandar, SE mengungkapkan Peringatan hari jadi Kabupaten OKI tahun ini  jadi energi penyemangat pemerintah dan masyarakat OKI untuk menuntaskan pembangunan.

“Tak terasa lebih dari 7 windu usia Kabupaten OKI, Kita jadikan keberkahan ini sebagai sumber energi kemajuan Ogan Komering Ilir Mandira. Energi untuk membangun desa yang berdaya,” Ungkap Bupati OKI, H. Iskandar, SE pada rapat Paripurna peringatan Hari Jadi Kabupaten OKI ke 73.

Pada kesempatan itu, Bupati Iskandar mengklaim sejumlah capaian pembangun OKI di usia ke 73 tahun.

“Meski memiliki wilayah yang luas kami berupaya memberikan hak dasar masyarakat seperti infrastruktur dan penerangan listrik yang pada tahun ini menyisakan beberapa desa saja belum teraliri listrik” Ungkap Iskandar.

Selain itu menurut Iskandar, pemerintahannya terus membantu petani  agar mampu panen lebih dari satu kali. Hasilnya dalam tiga tahun terakhir produksi padi Kabupaten OKI meningkat secara signifikan hingga 851 ribu ton. Bahkan di tahun 2017 kita mampu surplus beras sebanyak 442,855 ton.

Selain membangun infrastruktur, tukas Iskandar kualitas kehidupan manusia Ogan Komering Ilir juga semakin baik, terbukti dengan meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten OKI, yang sudah masuk dalam kategori tinggi, yaitu pada angka 66,11 di tahun 2017.

Meski demikian menurut Iskandar pemerintahannya akan terus memastikan anak-anak Ogan Komering Ilir dapat bersekolah tanpa kendala.

“Kita fokus pada perbaikan gedung-gedung sekolah, peningkatan kualitas dan mutu Pendidikan, peningkatan kompetensi dan pemerataan tenaga pendidik” saat ini menurut Iskandar angka melek huruf masyarakat OKI sudah diangka 98,09 persen dan harapan lama sekolah telah mencapai 7 tahun.

Pada kesempatan itu Iskandar juga melaporkan upaya pemerintahannya dalam melindungi hutan dan lahan dengan menurunnya Area kebakaran hutan kebun dan lahan di Ogan Komering Ilir dibandingkan tahun-tahun sebelumnya hingga pada perhelatan Asian Games 2018 OKI tidak mengirim kabut asap ke Jakabaring Palembang.

Iskandar juga mengajak bersyukur, OKI menjadi daerah yang berhasil melaksanakan Pilkada serentak 2018 dengan aman dan damai dengan tingkat partisipasi mencapai 78 persen.

“Dengan keberhasilan kita melaksanakan Pilkada dengan aman dan damai, saya Optimis Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden secara serentak di tahun 2019 akan berlangsung dengan aman, damai, dan demokratis” tutupnya.

Peringatan Hari Ulang Tahun ke -73 Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) terasa istimewa karena dihadiri langsung Gubernur Sumatera Selatan. Dalam kesempatan itu, Gubernur mengapresiasi perkembangan kemajuan pembangunan di Ogan Komering Ilir.

“Tidak mudah membangun wilayah yang luas seperti OKI dengan pendapatan daerah yang minim. Butuh kepemimpinan yang handal. Semoga OKI semakin maju, semakin berkembang dan berprestasi” Ungkap Gubernur Herman Deru diruang Rapat Paripurna DPRD OKI, Kamis, (11/10).

Deru juga berkomitmen untuk membantu daerah dalam pembangunan seperti perbaikan jalan-jalan provinsi yang melintasi kabupaten.

“Butuh kebersamaan dalam membangun. Provinsi, Kabupaten DPRD semua bergndengan. Salah satu prioritas saya melakukan perbaikan jalan-jalan provinsi yang ada di Kabupaten untuk memudahkan masyarakat” tungkasnya.

 

Sumber: http://kayuagungradio.com/hut-oki-jadi-energi-tuntaskan-pembangunan/

Pemerintah Kabupaten OKI bersama jajaran Kodim 0402 OKI/OI menggelar dzikir dan doa bersama serta penggalangan bantun dana untuk korban bencana gempa dan tsunami, Sulawesi Tengah. Kegiatan itu berlangsung di Pendopo Kabupatenan, Rabu, (10/10).

Kegiatan ini diikuti ASN dilingkungan Pemkab OKI, anggota Kodim 0402 dan kelompok pengajian se Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Bupati OKI yang diwakili Sekda OKI, H. Husin, S.Pd, MM mengungkapkan kegiatan ini di tujukan untuk mendo’akan dan membantu korban gempa Sulteng.

“Mari  kita do’akan saudara kita yang terkena musibah agar diberi kekuatan, kesabaran dan lindungan Allah SWT”

Pada kesempatan ini kita juga dikumpulkan bantuan untuk korban gempa maupun para pengungsi di Sulteng.

“Semoga hasilnya nanti dapat sedikit meringankan beban mereka yang terkena musibah”tungkasnya.

Selain mendo’akan korban bencana di Sulteng, Kegiatan Doa dan Dzikir ini juga dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Jadi ke 73 Tahun Kabupaten Ogan Komering Ilir.

“Marilah kita juga meminta dan memohon perlindungan kepada Allah SWT agar Kabupaten kita dijauhkan dari segala bentuk musibah dan bencana. Mudah-mudahan Allah SWT selalu memberkati serta melindungi kita semua, meridhoi dan memudahkan setiap usaha luhur kita semua membangun Ogan Komering Ilir” tutup Husin.

 

Sumber:http://kayuagungradio.com/doa-dan-donasi-warga-oki-untuk-korban-gempa-sulteng/

Kabupaten Ogan Komering Ilir akan memperingati hari jadinya yang ke-73. Dalam rangka perayaan tersebut Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir  mengusung  tema ‘Desa Berdaya, Energi Ogan Komering Ilir Mandira’

Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten OKI, Drs. H. Antonius Leonardo pada rapat persipan HUT OKI 73, (27/9/18) berharap melalui tema tersebut dapat membangkitkan semangat pemerintah dan warga OKI dalam menuntaskan pembangunan OKI yang dimulai dari desa serta menjadi energi untuk mewujudkan Ogan Komering Ilir yang maju, mandiri dan sejahtera (Mandira).

“Tema kali ini menjadi penyemangat tidak hanya pemerintah tapi juga bagi seluruh masyrakat Ogan Komering ilir,” kata Anton.

Peringatan hari jadi ke 73 Kabupaten OKI direncanakan akan digelar melalui rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten OKI pada tanggal 11 Oktober 2018. Sejumlah persiapan sudah dilaksanakan panitia dalam memeriahkan hari jadi Kabupaten OKI kali ini. Seperti undangan dan kelengkapan lainnya.

Direncanakan kegiatan ini akan dihadiri oleh Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru anggota DPR RI, DPD, DPRD Sumsel, Bupati/Walikota se Sumsel serta tokoh-tokoh asal Ogan Komering Ilir baik yang berada di luar Ogan Komering Ilir.

“Undangan sudah kita sampaikan, mudah-mudahan berjalan sesuai rencana” Ungkap Kabag Pemerintahan Setda OKI, H. Hendri, SH.

 Peringatan Hari Jadi Kabupaten OKI tahun ini juga dimeriahkan oleh OKI Ekspo dan pentas kesenian dari masing-masing kecamatan di Ogan Komering Ilir.

 

Sumber: http://kayuagungradio.com/hut-ke-73-kabupaten-oki-desa-berdaya-energi-ogan-komering-ilir-mandira/

Saturday, 22 September 2018 10:41

Semua Belanja Pemerintah Wajib Online di 2019

Pemerintah terus berupaya meningkatkan kualitas pengadaan barang/jasa agar lebih transparan, akuntabel dan kredibel. Seiring dengan perubahan Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, sejak Januari 2019 seluruh Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah baik Pengadaan Langsung, Lelang, Penunjukan Langsung, Kontes, Sayembara, dan Swakelola wajib dilakukan melalui SPSE.

Untuk mendukung kebijakan ini, Direktorat Pengembangan SPSE, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) telah meluncurkan Aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) versi 4.2. Pengembangan versi terbaru SPSE ini bertujuan untuk mengakomodir amanat Peraturan Presiden.

Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten OKI sigap menyambut aturan terbaru ini dengan melakukan pelatihan kepada para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Pengadaan, Pokja hingga penyedia lokal.

“Bentuk komitmen kita untuk menyelenggarakan pemerintahan yang transparan, akuntabel dan kredibel kita semua siap untuk perubahan untuk yang lebih baik” Ungkap Asisten II Setda OKI, Azhar, SE saat membuka sosialisasi Sistem Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah secara elektronik.

Kepala Diskominfo Kabupaten OKI, Dwi Muzawal, SH mengungkapkan  Tujuan diselenggarakannya sosialisasi ini, untuk memberikan pembinaan dan pengembangan sistem informasi serta pengawasan penyelenggaraan pengadaan barang/ jasa pemerintah secara real time.

“Secara masif KPK, Kemendagri dan LKPP-RI mendorong penggunaan SPSE versi 4.2 sebagai sistem yang diyakini mendukung upaya pencegahan tindak pidana korupsi dalam pengadaan barang/jasa pemerintah,” imbuhnya.

Dengan adanya sistem pengadaan secara elektronik tambah Dwi proses pengadaan dapat dimonitor, lebih efisien, transparan, serta menerapkan prinsip – prinsip persaingan usaha yang sehat pungkasnya

 

Sumber :http://kayuagungradio.com/semua-belanja-pemerintah-wajib-online-di-2019/

Page 1 of 30