KECAMATAN PEDAMARAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

KECAMATAN PEDAMARAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

Profil Pimpinan 

 

Camat Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir

 

Telly Thaurussia,STP,M.Si
Jabatan   Camat Pedamaran
Unit Kerja  Kecamatan Pedamaran
Alamat Kantor  

 

I. Letak Geografis Kecamatan Pedamaran 

 

Kecamatan Pedamaran merupakan salah satu Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Ogan Komering dengan jarak ke Ibu Kota Kabupaten ± 150 km. Kecamatan ini terletak di sebelah Barat Daya Ibu Kota Kabupaten Ogan Komering Ilir (Kayuagung). Kecamatan  ini  terletak  pada ketinggian ±5 meter dari permukaan laut, dengan luas wilayah 2.316,67 km². Kecamatan Pedamaran beriklim tropis. Musim kemarau umumnya berkisar antara bulan Mei sampai Oktober dan musim hujan antara bulan November sampai April. Penyimpangan musim   biasanya   terjadi   lima  tahun sekali,   berupa   musim   kemarau   yang lebih panjang daripada musim hujan. Namun saat ini cauca sudah sulit diperkirakan  kapan  musim  hujan berakhir dan kapan musim kemarau. Sebagian besar wilayah Kecamatan Pedamaran merupakan  dataran rendah dan rawa-rawa serta berada di pesisir pantai. Beberapa desa dialiri oleh aliran sungai-sungai.

 

II. Pemerintahan

Kecamatan  Pedamaran terdiri dari 17 desa. Satuan lingkungan setempat  (SLS) terkecil  yang  ada pada masing-masing desa disebut sebagai Rukun Tetangga (RT). Adapun desa-desa tersebut dipimpin oleh seorang  kepala desa. Berdasarkan pendidikan tertinggi yang ditamatkan, sebagian besar kepala desa adalah berpendidikan SMA, yaitu sebanyak 15 orang. Sedangkan sisanya, sebanyak 2 orang berpendidikan akademi/perguruan tinggi.

 

III. Sosial dan Kesejahteraan Masyarakat

Jumlah penduduk Kecamatan Pedamaran pada tahun 2017 adalah sebesar    30.294  jiwa  yang  terdiri  dari 14.994 orang laki-laki dan 15.300 orang perempuan . Rasio    jenis kelamin (sex ratio) penduduk di Kecamatan Pedamaran adalahsebesar 102.04 artinya dari 100  penduduk perempuan terdapat 14.994 penduduk laki-laki. Desa dengan jumlah penduduk terbanyak adalah Desa Pedamaran (8.402 jiwa), sedangkan desa dengan jumlah penduduk terkecil adalah Desa adil makmur (177 jiwa). Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam proses pembangunan bangsa. Pedidikan juga berperanpenting dalam mengurangi kemiskinan dalam jangka panjang.

Pada  tahun  ajaran  2016/2017, jumlah sekolah di Kecamatan Pedamaran adalah  17  buah PAUD,  3 Taman Kanak-Kanak,  21  Sekolah DasarNegeri, 9 Sekolah Menengah Pertama, 1 Sekolah Menengah Atas Negeri. Jumlah   siswa   pada   tahun   ajaran 2016/2017  untuk  siswa  SD  Negeri adalah 5.687 siswa. Untuk tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) sebanyak 1.420 siswa. Sedangkan untuk tingkat Sekolah Menengah Atas tercatat 444 siswa. Kesehatan dapat dipakai sebagai ukuran kesejahteraan seseorang. Sedangkan  penyediaan  sarana kesehatan adalah sebagai kebutuhan pokok dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat secara umum. Di Kecamatan Pedamaran terdapat 4 Puskesmas, 17 posyandu dan 18 Poskesdes. Jumlah Pasangan Usia Subur (PUS) sampai tahun 2016 di Kecamatan Pedamaran adalah 9.305. Dari jumlah tersebut yang menjadi akseptor KB aktif sebanyak 7.041. Alat kontrasepsi yang digunakan beragam, tetapi alat kontrasepsi yang paling banyak digunakan adalah suntik.

 

IV. Pertanian, Kehutanan, Peternakan dan Perikanan

Sektor pertanian merupakan sektor unggulan di Kabupaten Ogan Komering Ilie, karena sektor ini memberikan kontribusi terhadap pendapatan asli daerah yang cukup siginifikan. Sektor pertanian juga masih menopang kehidupan rakyat di desa. Mayoritas penduduk pertanian di Kecamatan PEDAMARAN menanam padi. Tanaman lain yang diusahakan petani disini yaitu jagung, ubi kayu, ubi jalar, Selain  padi  dan  hortikultura, tanaman karet sekarang telah  menjadi primadona yang banyak ditanam oleh masyarakat. Di beberapa desa juga telah ditanam kelapa sawit baik oleh perusahaan swasta maupun oleh perorangan.

 

V. Industri

Pembangunan sektor industri pada hakikatya merupakan salah satu cara untuk meningkatkan nilai tambah, memperluas lapangan dan kesempatan kerja,   menyediakan   barang   dan   jasa yang bermutu, berdaya saing di pasaran, dan  menunjang  pembangunan  di daerah. Di Kecamatan 28 Penggilingan   dan tersebar di semua desa.

 

VI. Transportasi

Kecamatan Pedamaran merupakan kecamatan yang sebagian besar wilayahnya berda di perairan. Sehingga untuk sarana transportasi beberapa wilayah  masih  menggunakan perahu. Sebagian wilayah bisa dilewati dengan kendaraan darat.

 

VII. Perdagangan dan Keuangan

Sektor perdagangan sebagai sektor penunajang bagi sektor- sektor primer seperti sektor pertanian, pertambangan, dan industri. Produk dari sektor primer tersebut yang diperjualbelikan akan menjdai  output  bagi  sektor perdagangan. Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi, jumlah sarana-sarana pendukung sektor perdagangan  terus  meningkat. Tahun 2016 jumlah pasar harian di Kecamatan Pedamaran ada sebanyak 3. Selanjutnya seiring dengan pertumbuhan ekonomi di suatu wilayah juga diikuti oleh penambahan sarana- sarana pendukung sektor keuangan, seperit Perbankan dan Koperasi. Namun sayangnya sampai saat ini belum terdapat Bank di Kecamatan Pedamaran.